Tugas Pokok dan Fungsi Kecamatan Bontoa

 

A. Camat

Tugas pokok Camat adalah, melaksanakan kewenangan pemerintah yang dilimpahkan oleh Bupati  untuk menangani sebahagian  urusan otonomi daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, camat mempunyai fungsi :

  1. Perumusan kebijaksanaan pelaksanaan tugas unit kerja.
  2. Pemberian pembinaan, bimbingan dan petunjuk teknis dalam organisasi.
  3. Pengamanan dan pengendalian pelaksanaan tugas pokok sekretariat sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan Bupati.

B. Sekretaris Camat (Sekcam)

Tugas pokok Sekcam adalah melakukan penyusunan rencana dan pelaksanaan tugas-tugas kesekretariatan yang  meliputi administrasi umum, kepegawaian, perlengkapan dan keuangan serta penyusunan laporan pelaksanaan tugas. Untuk penyelenggaraan tugas pokok dimaksud, Sekretaris  Camat mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Penyusunan tugas program organisasi
  2. Pengorganisasian perumusan kebijakan pemerintah kecamatan di bidang administrasi program kepegawaian, umum dan keuangan.
  3. Pengkordinasian pelaksanaan tugas unit-unit  kerja lingkup kecamatan.
  4. Penyelenggaraan  tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya.

 C. Kasubag Umum dan Program

Tugas  pokok     Kepala   Sub    Bagian     Umum    adalah     melakukan  pembinaan,  kordinasi, monitoring dan evaluasi penyiapan bahan penyusunan rancana program kerja, serta pengumpulan bahan pengolahan evaluasi data, urusan ketatausahaan, administrasi pengadaan, pemeliharaandan penghapusan  barang serta urusan rumah tangga. Untuk penyelenggaraan tugas pokok dimaksud, kasubag umum mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Penyusunan rencana tugas dan  kegiatan subag umum
  2. Pengorganisasian perumusan pembuatan konsep dan penyusunan perencanaan  program kegiatan organisasi.
  3. Penyelenggaraan  tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya.

D. Kasubag Keuangan

Tugas pokok kepala Sub Bagian Keuangan adalah menghimpun bahan dan mengelola administrasi keuangan, meliputi penyusunan anggaran, penggunaan, pembukuan, pertanggung jawaban dan pelaporan. Untuk penyelenggaraan tugas pokok dimaksud, Kasubag Keuangan mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Penyusunan rencana kegiatan subag keuangan
  2. Pengorganisasian perumusan pembuatan konsep dan penyusunan perencanaan  administrasi keuangan.
  3. Penyelenggaraan  tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya.

E. Kasubag Kepegawaian

Tugas pokok kasubag kepegawaian adalah melakukan  pembinaan, kordinasi, monitoring, evaluasi dan pengelolaan urusan administrasi kepegawaian. Untuk penyelenggaraan tugas pokok dimaksud, kasubag umum mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Penyusunan rencana kegiatan subag kepegawaian
  2. Pengrorganisasian    perumusan    pembuatan      konsep   dan  penyusunan perencanaan  program kegiatan organisasi di bidang kepegawaian.
  3. Penyelenggaraan  tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya.

F. Kasi Pemerintahan

Tugas pokok Kasi Pemerintahan  adalah melakukan  pembinaan, kordinasi, monitoring, evaluasi dan penyusunan rencana, penyelenggaraan  pembinaan ideologi negara dan kesatuan bangsa, kerukunan beragama, pengkordinasian kegiatan instansi pemerintah, pembinaan administrasi kelurahan dan desa serta pembinaan administrasi kependudukan. Untuk penyelenggaraan tugas pokok dimaksud, Kasi Pemerintahan mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Penyusunan rencana kegiatan seksi pemerintahan
  2. Pengorganisasian perumusan pembuatan konsep dan penyusunan perencanaan  program kegiatan organisasi di bidang pemerintahan.
  3. Penyelenggaraan  tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya.

G. Kasi Ekonomi dan Pembangunan.

Tugas pokok Kasi Ekonomi dan Pembangunan  adalah melakukan  pembinaan, kordinasi, monitoring, evaluasi dan penyusunan rencana, penyelenggaraan  pengembangan perekonomian wilayah kecamatan dan kelurahan/desa, pelaksanaan administrasi pemungutan pajak dan retribusi daerah, pengembangan industri dan perdagangan, penyusunan rencana  dan penyelenggaraan pengembangan pembangunan, pelaksanaan pembangunan swadaya masyarakat, pembinaan penanggulangan pencemaran dan pengrusakan lingkungan serta pembinaan dan pengawasan bangunan. Untuk penyelenggaraan tugas pokok dimaksud, Kasi Ekonomi dan Pembangunan mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Penyusunan rencana kegiatan seksi ekonomi dan pembangunan
  2. Pengrorganisasian perumusan pembuatan konsep dan penyusunan perencanaan  program kegiatan organisasi di bidang Ekbang.
  3. Penyelenggaraan  tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya.

 H. Kasi Kesejahteraan Sosial

Tugas pokok Kasi Kesejahteraan Sosial  adalah melakukan  pembinaann, kordinasi, monitoring, evaluasi dan penyusunan rencana, penyelenggaraan  pembinaan kemasyarakatan, fasilitasi kegiatan organisasi sosial dan kemasyarakatan, penanggulangan bencana alam, penanggulangan masalah sosial, penyelenggaraan koordinasi keluarga berencana, serta fasilitasi penyelenggaraan pendidikan, kesehatan, generasi muda, kepramukaan dan generasi muda. Untuk penyelenggaraan tugas pokok dimaksud, Kasi Kesejahteraan Sosial mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Penyusunan rencana kegiatan seksi kesejahteraan sosial
  2. Pengorganisasian perumusan pembuatan konsep dan penyusunan perencanaan  program kegiatan organisasi di bidang kessos.
  3. Penyelenggaraan  tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya.

 I. Kasi Ketentraman dan Ketertiban Umum

Tugas pokok Kasi Ketentramandan Ketertiban Umum  adalah melakukan  pembinaan, kordinasi, monitoring, evaluasi dan penyusunan rencana dan terciptanya ketentraman dan ketertiban umum di wilayah kecamatan dan kelurahan/desa, pelaksanaan kantibmas dan keamanan lingkungan masyarakat, serta pengembangan kegiatan-kegiatan  kemasyarakatan yang sifatnya tidak saling mengganggu dari setiap elemen masyarakat yang ada sehingga kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat khususnya yang bersifat keramaian menjadi suatu kegiatan yang mengarah kepada kedamaian. Untuk penyelenggaraan tugas pokok dimaksud, Kasi Trantibum mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Penyusunan rencana kegiatan seksi trantibum
  2. Pengorganisasian perumusan pembuatan konsep dan penyusunan perencanaan  program kegiatan organisasi di bidang trantibum.
  3. Penyelenggaraan  tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya.